Tuesday, August 12, 2014

Dari Galau Sampai jadi Komik



Putiput Siput Emas ingin sekali mempunyai teman. Punya teman itu menyenangkan! Bisa bermain dan berpetualang seru bersama teman. Tetapi kenapa ya tidak ada yang mau mendekati Putiput? Apakah karena bentuk cangkangnya yang aneh? Apa yang harus dilakukan Putiput supaya bisa punya teman? 
Maukah kalian jadi teman Putiput?



Putiput adalah sebuah karakter siput yang saya buat sekitar tahun 2013. Karakter ini sebenarnya tercipta karena kekecewaan saya terhadap keputusan orang tua saya yang tidak mengijinkan saya untuk mengambil kuliah di jurusan DKV. Saking kecewanya saya sampai galau berhari-hari dan bahkan sering kambuh sampai sekarang :D. maklum saya masih ABG dan labil wkwkwkwk.
Awalnya saya ingin membuat sebuah komik satir dengan karakter manusia yang menceritakan tentang demokrasi dalam keluarga. Tapi apa daya, waktu itu kemampuan saya sangat terbatas, saya masih kesulitan untuk konsisten menggambar karakter manusia. Sudah beberapa judul yang saya upload di situs komik local www.ngomik.com saat itu, akan tetapi hasilnya sungguh sangat hancur wkwkwk.
Saking frustasinya menggambar karakter manusia, dengan tekad membara saya terus menggambar karakter manusia dan Alhamdulillah hasilnya tetap kacau. Suatu pagi ibu saya memutar radio islam yang menceritakan dongeng klasik tentang nilai-nilai kehidupan. Di saat itulah terlintas di benak saya untuk membuat cerita yang serupa dengan sedikit modifikasi, dan nyatanya percobaan saya gagal total dan berhenti di tengah jalan.
Akhirnya saya memutuskan untuk membuat cerita sederhana dengan karakter hewan yang sangat sederhana tapi lucu dan imut-imut. Saya tidak memikirkan apakah karakter ini akan menjadi apa, waktu itu saya hanya berfikir untuk menghibur diri, Itu saja.
 
Kemudian cerita pertama dari putiput pun di mulai. Komik pertama tentang putiput saya upload di www.ngomik.com dan masih ada sampai sekarang. Sekilas beginilah penampakan kemunculan pertama kali di ngomik.com


Tak di sangka, komik ini mendapatkan predikat “featured” pada waktu itu. Dan inilah moment kali pertama cover komik putiput siput emas di pajang di halaman utama situs ngomik.com




Sejak saat itu, jumlah viewer makin banyak dan komentar teman-teman di komunitas tersebut juga baik. Thanks for all :’D .
Dari situ saya bersemangat untuk mengembangkan karakter ini. Dan memutuskan untuk membuat page nya di facebook yang beralamatkan www.facbook.com/putiputsiputemas .
Di situ saya mencoba membuat komik strip. Dan ini adalah komik strip pertama yang di unggah di page facebook tersebut.

 

Masih keliatan banget kalau saya masih galau dan ga terima sama jurusan yang saya masuki :D






Dan…. Setelah komik itu tayang, kesibukan saya sebagai mahasiswa baru yang masih galau dan risau di mulai. Tapi, menggambar komik tetap saya lakukan. Saya tidak berhenti menggambar komik ini hanya sampai sebatas ini saja.
Selain menggambar komik ini, waktu itu saya juga aktif mengikuti lomba komik yang di adakan oleh beberapa penerbit. Dan Alhamdulillah dari sekian banyak lomba yang saya ikuti saya belum pernah menyabet juara 1 hihihi. Paling bagus dulu masuk peringkat 13 (kalau gak salah) . dan untungnya 15 besar dari lomba itu mendapatkan hadiah dari penerbit, lumayaan.
Dari situ ada tawaran dari penerbit buku islam untuk menerbitkan komik islam, tapi sayangnya waktu itu mental saya msih belum mampu. Saya keteteran dengan jadwal kuliah dan berkomik. 
Sambil kuliah, saya terus membuat komik strip dan terus di unggah di page putiput. Sesekali saya juga membuat komik-komik pendek dan saya unggah di ngomik.com meskipun belum ada yang mendapat respon sebesar komik putiput ini. Mungkin, saking asyiknya bikin komik saya sampai lupa dengan jurusan yang saya idam-idamkan dulu. Perlahan saya kuliah dengan senang hati sambil terus bikin komik.

Dan pada suatu ketika, ada editor dari salah satu penerbit buku anak mengutarakan ketertarikannya dengan putiput ini. Waktu itu saya senang, tapi juga ragu. Yah , pokoknya campur aduk lah. Karena pada dasarnya komik ini tidak saya rencanakan untuk terbit dalam edisi cetak. Tapi saya berfikir kalau memang memungkinkan kenapa tidak?
Setelah berdiksusi dengan editor yang sabar dan telaten yang bernama kak Lia. Akhirnya putiput siput emas bisa cetak dan beredar di toko buku pada bulan Mei 2014. Trimakasih kak Lia ~
Jika kamu ingin melihat cuplikannya bisa langsung ke link berikut ini.

  




Detail :
Penulis: Wafiq Sehat
Ukuran: 14,5 x 21 cm
Tebal: iv + 120 hlm
Penerbit: Anak Kita
ISBN: 602-286-011-3
Harga : Rp 29.000,-

awalnya saya sendiri agak geli, menerbitkan buku anak- anak. Karena dulu pengennya bikin komik remaja dengan genre action fighting dengan banyak adegan baku hantam. Tapi,support teman-teman saya membuat saya sadar, bahwa mengarang buku komik anak juga termasuk dalam kateogeri yang "KEREN!" 

Kedepannya , saya akan terus ber-eksplorasi dengan karakter ini,mengembangkan ceritanya menjadi serial yang seru, sekaligus terus mencoba untuk membuat komik-komik dengan judul baru yang pastinya lebih baik!!. Bahkan jangka panjang, saya berharap karakter ini bisa di animasikan dan di tonton oleh anak-anak Indonesia, bahkan dunia.
Masalah laris atau enggak , saya tidak memikirkan hal tersebut. Saya cukup senang , paling tidak saya ikut berkontribusi memberikan konten terbaik pada anak-anak di negeri saya, Indonesia dan syukur-syukur bisa meluas pada masyarakat dunia :) .MERDEKA!!




1 comment: