Saturday, July 12, 2014

Tips : Nyari buku di toko buku





Tulisan ini saya buat ketika kali pertama saya menerbitkan sebuah buku melelaui jalur penerbitan. Sebenarnya banyak teman –teman saya yang antusias penasaran. Ada yang langsung menuju toko buku, ada pula yang menodong minta gratisan ke saya >.< .
Tapi saya sangat menghargai segala bentuk apresiasi teman –teman baik yang mau minjem, nodong gratisan, dan terutama yang mau beli ( khusus yang mau beli dapet cium jauh dari gue :*  )
 Sebagai bentuk penghargaan saya bagi teman-teman yang sempat kecewa karena tidak menemukan buku saya di toko buku, ada beberpa tips dari saya untuk mendapatkan kepastian secara pasti di toko buku.
Sebenarnya tips ini sudah sangat umum di lakukan di toko buku besar, tapi sebagaian orang enggan untuk melakukannya sehingga sering kali mereka pulang dengan tangan kosong.


langsung saja deh, ini dia tips sederhana dari saya.


1.     Cari informasi tentang buku yang akan di cari dulu. misanya kapan buku itu terbit, Siapa penerbitnya, siapa pengarangnya dan yang jelas judulnya apa.
Perlu di ketahui jika buku itu terbit pada bulan Mei misalnya, maka butuh waktu untuk mendistribusikan secara merata ke seluruh toko buku se Indonesia. Hal ini perlu di maklumi karena wilayah Indonesia yang luas. Untuk daerah Surabaya, paling aman sih saya mencari buku yang baru rilis satu bulan setelah pengumuman resmi rilisnya dari penerbit.







2.       Nah kalau informasi sudah di pegang dengan lengkap, jangan lupa cek uang ( INI PENTING!!) :D . jangan sampe deh udah ngeborong buku banyak, eh sampai kasir baru nyadar uangnya ketinggalan.



3.       Nah, berikutnya langsung cek ketersediaan barang (stok) . biasanya di toko buku besar di sediakan computer sebagai mesin pencari yang di sebar. Cari deh di situ. Atau kalau komputernya ga ada, antri nya banyak, atau males nyari di situ, langsung lanjut ke tahap berikutnya.


4.       Kamu bisa langsung nyari di tumpukan buku yang terpajang, saya sih lebih suka cara ini karena selain nyari buku, saya juga suka lihat lihat cover buku-buku fiksi yang di pajang tapi kalau sudah nyerah ga ketemu-ketemu  ada opsi lain yang lebih simple, dan ini cocok banget kalau kamu males muter muter nyari sana sini. Baca langkah selanjutnya

5.       Kamu bisa langsung menuju costumer service nya, atau ke petugasnya . pokoknya pegawainya yang ada di situ lah. Kamu tanyakan buku yang kamu cari trus mintak juga buat di ambilin, nah sambil nunggu kamu duduk manis aja di tempat duduk (kalau ada kursi kosong :D )
6.       Kalau stok bukunya masih ada, pasti di ambilin dan eng…ing…eng….!!! Bukunya sudah ada di tangan, dan jangan lupa BAYAR di kasir ya :D
7.       Trus kalau bukunya ga ada gimana? Ya terpakasa, kamu pulang dengan tangan kosong, atau….  Kamu bisa pesen ke petugasnya, mintak hubungi kalau stoknya sudah ada.


Oke sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat dan  selamat berburu buku di toko buku  :D

1 comment: